Selamat datang lagi... Apa kabar kalian sekarang ini ? semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja. Tak terasa Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari akan berakhir, harapanku beberapa postingan bisa dipublikasikan sebelum 'Idul Fitri, walau minimal satu yaitu postingan ini.
Kali ini aku akan menambah serial baru dari blog ini lagi, setelah "OpenBVE Tutorial" yang masih lanjut walau jarang dipos dan Photograph at Rail (kapan2 bisa dihidupkan lagi, sementara afkir dulu), yaitu "READOPSI". Kepanjangan dari "Review Add On OpenBVE Indonesia".
Add on yang nantinya saya review mayoritas baru dirilis 2016 ke atas, tapi tak ada salahnya add on yang sudah lama beredar menarik untuk kembali aku bahas. Rencananya akan banyak screenshot (belum bisa untuk sekarang ini) dan kalau bisa saya kasih versi video gameplay dari channel youtube . Agenda setelah ini adalah kereta eksekutif "K1 2016" sebagai bonus dari add on Rute Sidoarjo-Probolinggo. FYI pembuat dari rute yang akan kita bahas juga menjadi editor dari skin livery kesepakatan beberapa add on kereta lainnya, jadi wajar aja digabung hihi...
Untuk episode pertama diawali rute Kertosono-Madiun/DAOP VII MN, rute yang dibuat oleh fikrirf06. Menjadi rute kedua yang aku pakai, sebelumnya Rute Kalibaru-Jember. Urutan perilisan rute ini awalnya "Yogya-Solo" berlanjut rute ini baru "Kalibaru - Jember" dan seterusnya. Impresi pertama dengan add on rute pertama yang saya coba "baru kali ini ada opsi 2 rute juga". Sebenarnya di rute Kertapati-Indralaya ada dua rute juga ya ? kalau ada, berarti bukan yang pertama. Setelah selama kurang lebih setahun dipakai terutama untuk video gameplay dan ternyata rute itu saya simpulkan "N I Y A T" banget.
Karena ada faktor desain rute serta penempatannya, dan juga pengalaman menggunakan rute ini sebagai dinasan suatu kereta memiliki atmosfer tersendiri dan tidak sekedar jalur kereta dengan latar yang ala kadarnya. Sampai sekarang tidak ada yang mengecewakan walau beberapa masalah teknis seperti anjloknya kereta secara tak jelas, nanti dibawah saya jelaskan lebih mendetail.
Kesan dengan desain rute ini pada waktu itu yang paling menarik yaitu ada lebih dari satu desain rumah yang kita jumpai. Pastinya sudah 3D beneran (alias bukan ala-ala 3D) yang bisa dipandang dari sudut manapun, beda cerita dengan rute yang sudah lama dan dimaklumi. Latar persawahan menjadi sesuatu yang belum dijumpai dari rute lama pastinya, dan untuk masalah pohon, juga ditempatkan secara dinamis dan mendetail. Adapun yang tidak kalah menarik juga, sepanjang rel memiliki pewarnaan kricak yang lebih realistis daripada rute" sebelum ini (terkecuali Kertapati - Indralaya).
Walaupun dalam aslinya sudah ada proyek Double Track (DT) terutama Madiun-Kertosono, rute disini masih menggunakan single track mengingat tanggal rilisnya rute ini yang sudah 2 tahun yang lalu. Kita akan merasakan flashback bagi kalian yaitu jalur pada daerah anda lalui sudah double track terutama persinyalan yang sudah elektrik karena disini juga masih menggunakan mekanik. Tidak lupa kontur tanah yang lebih mendetail juga terutama area persawahan yang terdapat terasering, dan viaduct sebelum stasiun kertosono (CMIIW) benar-benar mengurangi kesan monoton rute. menjadikan sebuah rute yang variatif dari segi isi/objek dan rasanya ingin mencoba kembali. Oh iya, jembatan di rute ini bervariasi dan pastinya sesuai dengan aslinya.
Untuk masalah suara yang walau ditempatkan stasiun dan palang kereta, aku rasa sudah sesuai dan tiap stasiun pemberhentian kereta memiliki announcement kereta yang disediakan di rute ini. Pertama kalinya bisa merasakan add on rute yang memberikan alternatif jalur. Untuk rute ini dibagi menjadi 2 yaitu Kediri-Kertosono-Madiun dan Jombang-Kertosono-Madiun. Jadi kenapa aku ingin menyebut rute ini dengan Kertosono-Madiun, karena menjadi main line/rute utama.
Untuk masalah animasi objek, walau sebatas palang sepur tetap menjadi rute ini sudah cukup untuk seperti aslinya. apalagi palang jalan besar sebelum memasuki stasiun kertosono. khusus spesial kemerdekaan waktu itu, setiap depan rumah diberi animasi kibaran bendera merah putih. Setelah dari penataan rute, kita menuju sistemasi dinas. Rute ini menjadi tempat rekomended buat yang mencari variasi rute yang berbeda dari sebelum-sebelumnya.
Fitur tanda memasuki area stasiun buat saya juga bagian elemen penting walau hanya stasiun kecil. Karena setidaknya kita dapat mengetahui stasiun yang akan dimasuki, sekaligus mempersiapkan memasuki stasiun pemberhentian tanpa harus mengulangi dari awal hanya karena keblabasen. para pemula yang ada kalanya baru saja mencoba game ini, rute ini bisa memperkenalkan seputar kereta api kepada kalian dalam mengendarai kereta api dan fitur yang aku jelaskan tadi akan mempermudah kalian ketika masih awal" dalam berdinas.
Tingginya kualitas apapun suatu produk, tiap kelemahan pasti masih ada. Setiap rute buatan fikrirf karena desain yang kompleks dan variatif harus berkorban juga dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Sedikit disayangkan ketika kita harus menunggu lamanya loading berakhir rangkaiannya yang anjlok dari posisi normal. Untung dan untung di hari itu juga solusinya sudah ditemukan yang pemilik rute nya sendiri mungkin belum membahasnya cmiiw.
buka rute lewat notepad, karena masih diatas scroll kebawah cari "change", dan ganti angkanya tadi menjadi -1 atau 0 tergantung kecocokan.
Selain itu, rute ini panjang dan statis karena dominan lurus jadi yang tipikal suka nikung (ehh... bukan yang itu) lebih mudah boring sekaligus terasa lama padahal masih 5-10 km pertama. alternatifnya dengan rute Cianjur-Banjar dari pembuat yang sama. Selain bermain taspat, kita juga harus melalui godaan pemandangan bumi priyangan yang intinya dabest dah ;)). Kapan-kapan saya review juga tapi masih 2/3 kali pakai.
Konklusi dari apa yang dibahas, rute ini menjadi rute yang cocok untuk yang baru berkecimpung dalam dunia kereta api terutama game OpenBVE Indonesia. Selain itu, ambience rute yang memberi suasana persawahan yang khas. rute DAOP VII Madiun ini memberi kebebasan dalam menikmati kereta. apapun lokomotif yang ditarik dan apapun kelasnya, sekali lagi rute ini cocok tak ada mentok buat saya :D
Tak lupa untuk saya kasih link rute ini juga :
Add On Rute "DAOP VII MN" Dari FikriRF
Sudah sampai ujung postingan kali ini. Postingan ini terakhir dikembangkan bulan April dan baru sekarang kembali diurus. Aku hanya sedikit memodifikasi postingan ini karena sebenarnya sudah final tapi ada hal yang perlu diperbaiki untuk menyesuaikan kondisi sekarang. Jadi sedikit maklum ada beberapa kalimat yang sedikit berbeda dari aslinya dan yup, screenshot belum tersedia. jikalau ada kesalahan, mohon maaf dan beri koreksi di komentar. Kembali lagi pembahasan ini murni opini dari saya. Follow ig saya @spoormania35, subscribe channel youtube saya Taufik Kurr (jangan lupa ditonton juga ya... :D) dan klik "Ikuti" di pojok kanan atas postingan ini untuk perkembangan RailfansS35 selanjutnya
So Much Thanks and Goodbye... ;D
No comments:
Post a Comment
Minta feedbacknya dong, biar blog ini bisa berkembang dan semakin membaik ;D