"Nyepur sek" yang berarti nyepur dulu sebuah serial postingan saya yang berisi tentang perkembangan perkereta apian indonesia tetapi lebih detail beserta argumen dari saya. jadi saya juga mengajak pembaca untuk berargumen/berkomentar. INGAT,jangan berkomentar diluar batas toleransi. sebelumnya, saya minta maaf kalo ada kata2 yang memang tidak cocok untuk anda. selamat membaca...
yay, selamat datang. saya kali ini akan membuat serial postingan yang berisi curhat masalah perkembangan kereta api.
kali ini saya pengen ngebahas revolusi KA kelas ekonomi. kenapa ??? soalnya PT KAI baru saja meluncurkan K3 New image. kalo dilihat sekilas mirip K1 New Image keluaran tahun 2016/beberapa bulan jarak peluncurannya. Dan yang pertama mencoba rangkaian ini adalah KA Kutojaya Utara Tambahan. Sebenarnya saya lupa tapi kalo tidak salah dioperasikan selama 2 minggu (H-7 sampai H+7). Saya mengucapkan SELAMAT !!! untuk yang beruntung bisa menaiki rangkaian K3 terbaru ini.
TIDAK HANYA SEKALI
Sebenarnya revolusi perubahan K3 bukan yang pertama, sebelumnya KA Bogowonto (pada waktu itu rutenya juga sama dengan KA Kutojaya Utara) menggunakan rangkaian K3 Kemenhub/full AC. pada waktu itu, kereta kelas ekonomi biasa belum terdapat AC. sedangkan untuk ekonomi Kemenhub, AC
kereta ini setara dengan AC kelas eksekutif karena lebih cepat dingin
daripada yang ditambah AC khusus ruangan (walaupun sebagian kemungkinan
malah lebih panas).
Ada fasilitas tersedia yang tidak ada di ekonomi biasa seperti sebagian toilet kereta terpasang kloset duduk dan prioritas (lebih luas dari toilet konvensional), bentuk kaca yang lebih tertutup karena terpasang AC, konfigurasi kursi 2-2 yang setara dengan kelas bisnis dan eksekutif. pada waktu itu bisa disetarakan dengan kelas bisnis (kalau sekarang malah eksekutif hehehe......)
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
1. Kursi
untuk kursi terdapat perubahan seperti tidak setegak 90 derajat, konfigurasi 2-2, dan sehadap tetapi terpusat (enggak tau sih ngomongnya gimana tapi kayak gitu deh :P)
2. Setara Dengan Eksekutif
ada sebagian fasilitas yang memang hampir sama dengan eksekutif keluaran 2016 seperti CCTV, musholla, wi-fi,dll. Bahkan ACnya pun bukan AC split lagi.
KRITIK & SARAN
ternyata harga tiket untuk kereta ini sangat mahal untuk kelasnya. Maklum saja terlalu banyak perubahan seperti penambahan fasilitas. bayangkan anda membayar 250.000 yang dimana jika ditambah 10/20 ribu bisa naik KA Sawunggalih Utama.
Terus, Berarti Kelas Bisnis akan Didiskriminasikan dong ...???
kemungkinan memang akan dihapus kelas bisnis :(. Tak hanya bukti diatas, memang akan ada rumor kelas bisnis akan dihapus. Sebenarnya sudah lama ada wacana tersebut. dan kenapa saya taruh bersamaan dengan revolusi kelas ekonomi ??? memang, kelas eksekutif sudah dibuat versi terbaru. permasalahannya, rangkaian kelas ekonomi didahulukan (dalam inovasi) ketimbang kelas bisnis.
tetapi sebenarnya sangat disayangkan. KA Senja dan Fajar Utama Semarang harus digantikan perannya oleh KA Menoreh dengan kelas dibawahnya tetapi fasilitas hampir setara. belum lagi ada wacana kelas bisnis akan dihapus. bahkan, KA Senja dan Fajar Utama Semarang, Yogya, ataupun Solo sudah membuat reputasi kelas bisnis terkenal karena tak ada yang berangkat disaat momen fajar ataupun senja secara bersamaan.
yaaahhh..... gimana lagi. harapannya kelas bisnis juga mendapat inovasi perubahan bentuk beserta fasilitas kereta. harapan saya sih cuma rangkaian kelas bisnis juga dilakukan perubahan rangkaian layaknya kelas eksekutif maupun ekonomi.
No comments:
Post a Comment
Minta feedbacknya dong, biar blog ini bisa berkembang dan semakin membaik ;D