Update Blog

Btw sekarang saya sudah tidak melanjutkan pengembangan blog ini lagi, kalo ada kesalahan ataupun janji yg tidak dapat saya penuhi, saya minta maaf ya hehe, terima kasih buat kalian

Monday, January 11, 2016

Harapan Penulis untuk Perkembangan Kereta Api pada 2016

selamat datang pengunjung semua. walaupun sudah 9 hari setelah tahun baru akhirnya penulis bisa melakukan kesempatan untuk menulis blog yang sudah vakum hampir 1 tahun lebih. sekali lagi sebelumnya saya minta maaf karena ada sebagian blog yang belum terupdate baik prapublikasi maupun pasca publikasi.

so, berikut harapan penulis untuk 2016 kedepan :

1. berharap KRL bisa dioperasikan di luar Jakarta (terutama kampung halaman penulis, Surakarta)

ini adalah harapan pertama saya. maklum KRL setiap hari menjadi buah pembicaraan di berita seperti penambahan unit kereta, kecelakaan/tragedi , atau event-event seperti Proklamasi, promosi film, dll. saya berharap KRL bisa dioperasikan di luar Jakarta seperti Solo-Yogyakarta yang masih sebuah rumor/wacana , ARS (Airport Railink Service), dan bahkan saya berharap elektrifikasi rel kereta bisa berlaku diseluruh Indonesia Aamiinn... :D

2. bertambahnya jalur KRL diluar basic route dan fasilitas stasiun KRL

masih seputar KRL. saya sempat berkunjung ke Jakarta (lebih tepatnya kota Depok). dan suatu hari saya akan menaiki KRL Jakarta Kota-Depok. dan ternyata sangat padat. dan bahkan pada hari-hari terakhir saat menaiki rute Jatinegara-Bogor jauh lebih sepi dari rute menuju Jakarta Kota itu sendiri. dari sini saya juga berharap KRL bisa diekspansikan di atas/bawah jalan raya padat kendaraan.dan daerah yang cocok diekspansikan adalah Cikarang (sedang konstruksi),Cikampek, lingkar Tangerang-Tangerang Selatan, lingkar Depok-Bekasi, Circle line Citayam-Nambo-Bogor,dll (untuk menambah kritik dan saran ada di komentar :D)
 tak hanya itu, stasiun keberangkatan seperti Bogor, Depok Lama dan Baru, dan stasiun lainnya dapat dibangun tempat parkir bertingkat karena untuk menyeimbangi dengan bertambahnya jumlah keberangkatan kereta.

3. menghidupkan rel-rel kereta yang sudah mati dan memperkuat jalur dengan lalu lintas kereta sedikit

untuk harapan ini saya selalu mengharapkannya. seperti diluncurkannya kereta Wonogiri-Solo-Jakarta (sudah taulah penyebab ini. karena banyak berlalu-lalangnya bus salah satunya kebanyakan dari Wonogiri), segera diluncurkannya KA Kian Santang, ditambahnya jadwal KA Kalijaga yang terbatas rangkaian,dll.

untuk reaktivasi rel saya berharap jalur-jalur rel kereta di jawa tengah bagian tengah dan sebagian besar jawa timur bisa diaktifkan dan digunakan sebagian besar untuk pengiriman logistik dan sisanya penumpang antar daerah/feeder (jika okupansinya sedikit)

4. melakukan tinjauan ulang pembuatan KA Cepat Jakarta-Bandung

diantara yang lain inilah yang penting untuk saat ini. untuk proyek ini saya TIDAK SETUJU dengan proyek ini dikarenakan beberapa faktor. yaitu makin mencoloknya kesenjangan infrastrukur antara barat dan timur (Papua/Maluku/Nusa Tenggara), harga tiket yang kemungkinan sangat mahal, dan okupansi Argo Parahyangan sangat sedikit. saya sarankan untuk membuat double track karena biang dari lambatnya durasi perjalanan Argo Parahyangan adalah jalur Bandung-Cikampek masih single track dan bahkan biaya anggaran pembuatan kereta cepat dengan pembuatan double track hampir sama (bahkan lebih murah).

untuk Jakarta-Surabaya pertama saya tidak menyetujuinya karena akan mengurangi okupansi KA Jakarta-Surabaya itu sendiri. setelah perkembangan waktu akhirnya saya menyetujuinya karena tidak hanya okupansi kereta yang setiap hari penuh, bahkan okupansi pesawat juga selalu penuh.

5. jalur Solo-Semarang segera ditingkatkan dan dibuat double track

jika anda adalah railfans sejati pasti tak asing dengan jalur ini. tak hanya dijuluki sebagai jalur tertua di Indonesia yang masih aktif, jalur ini ternyata belum sama sekali mengalami peningkatan kualitas. padahal banyak yang berlalu lalang melewati jalur ini. bahkan sebagian KA penumpang sengaja dialihkan menuju Solo-Semarang agar jalur ini semakin ramai. saya berharap agar jalur ini segera ditingkatkan dan bahkan dibuat double track Aamiinn......

so itu saja harapan saya. mungkin anda pasti juga mengharapkannya. nah jika anda ingin mengusul langsung ke PT KAI, mungkin bisa dengan e-mail. dan saya harap pula anda makin suka dengan kereta api dan jika anda ingin mempromosikan artikel anda berupa tentang perkeretaapian silahkan di share di komen. terima kasih

No comments:

Post a Comment

Minta feedbacknya dong, biar blog ini bisa berkembang dan semakin membaik ;D