Update Blog

Btw sekarang saya sudah tidak melanjutkan pengembangan blog ini lagi, kalo ada kesalahan ataupun janji yg tidak dapat saya penuhi, saya minta maaf ya hehe, terima kasih buat kalian

Sunday, August 17, 2014

Rekapitulasi plus fakta Kereta Kelas Ekonomi PSO


PT KAI selama beberapa tahun ini selalu memberikan potongan harga dari kereta kelas ekonomi yang berasal dari subsidi pemerintah/PSO (Public Service Obligation). tak heran apabila semakin banyaknya orang beralih ke jasa kereta kelas ekonomi. karena kereta ekonomi sekarang ini sudah dipasang fasilitas layaknya kereta eksekutif tetapi harganya yang murah merakyat. bagi yang ingin naik kereta tetapi masih meragukan fasilitasnya dan beberapa rutenya, silahkan baca artikel ini :

Macam-Macam Kereta Ekonomi

Kereta Api dari/ke Jakarta
  1.  KERETA API GAYA BARU MALAM SELATAN (SURABAYA-JAKARTA VIA SELATAN)
    kita mulai dari kereta ini. kereta api Gaya Baru Malam Selatan merupakan kereta kelas ekonomi yang melayani perjalanannya dari stasiun Surabaya Gubeng - Jakarta Pasar Senen pada waktu malam hari. kereta ini memiliki fasilitas yang tidak kalah dari KA Bima. kereta ini memiliki slogan :Sejuk Lega Tak Seperti Dulu Lagi". sesuai slogannya, kereta ini merupakan kereta kelas ekonomi "terdingin" diantara seluruh kereta ekonomi lainnya. waktu durasi perjalanan kereta ini sekitar 12-14 jam. loko yang menarik kereta ini antara lain CC 201 (Hidung Kotak) dan CC 203 (Hidung Miring)
  2.  KERETA API MATARMAJA (MALANG-JAKARTA VIA SELATAN DAN UTARA)
    Selanjutnya, Kereta Api Matarmaja adalah kereta api kelas ekonomi yang melayani perjalanannya dari Stasiun Malang - Jakarta Pasar Senen via Blitar - Solo Jebres - Semarang Poncol pada waktu malam hari. kereta ini memiliki waktu durasi selama 14 jam dan loko penariknya adalah CC 201, CC 203, dan CC 206 (terkadang). keistimewaan Kereta ini adalah terkadang salah satu kereta penataran ekspres (peneks) tersangkut di kereta ini baik dijadikan kereta penumpang maupun hanya sebagai kereta aling-aling selain itu, kereta ini merupakan satu-satunya kereta yang merangkai kereta restorasi Argo, pembangkit Argo, dan terkadang juga merangkai kereta bagasi Satwa. kereta Matarmaja sebenarnya memiliki kereta ekonomi "daun". tetapi kemungkinan bercampur dengan kereta ekonomi kuning dari Tawang Alun (begitu pun sebaliknya).
  3.  KERETA API BRANTAS (KEDIRI-JAKARTA VIA UTARA)
    Selanjutnya, Kereta Api Brantas adalah kereta api kelas ekonomi yang melayani perjalanannya dari stasiun Kediri - Stasiun Pasar Senen - Stasiun Tanjung Priok via Solo Jebres - Semarang Poncol. loko penarik kereta ini adalah CC 201 dan CC 203 (seluruhnya dari jatinegara karena di kediri masuk DAOP VII Madiun dan di daerah tersebut tidak memiliki lokomotif sama sekali).
  4.  KERETA API KERTAJAYA (SURABAYA-JAKARTA VIA UTARA)
    selanjutnya, Kereta api Kertajaya Merupakan Kereta Kelas ekonomi yang melayani perjalanannya dari Stasiun Surabaya Pasar Turi - Jakarta Pasar Senen - Tanjung Priok pada waktu malam hari. kereta ini merupakan satu-satunya kereta kelas ekonomi yang mendapat gelar "ekspres". untuk masalah timing/waktu, kereta ini sangat cocok karena jalur yang dilewatinya sudah memiliki dua jalur/ double track sehingga durasi perjalanannya hanya sekitar 10-12 jam. selain itu, kereta ini bisa menjadi alternatif ketika tiket KA Gaya Baru Malam Selatan habis.
  5.  KERETA API BENGAWAN (SOLO/SURAKARTA-JAKARTA VIA SELATAN)
    Selanjutnya, kereta Api Bengawan merupakan kereta kelas ekonomi yang melayani perjalanannya dari Stasiun Purwosari - Jakarta Pasar Senen - Tanjung Priok pada waktu malam hari. Kereta ini merupakan andalan "wong" solo ketika akan merantau ke Jakarta. waktu durasi kereta ini adalah 9-10 jam. kereta ini memiliki keunikan karena kereta ini merangkai kereta makan pembangkit (KMP3) berstiker KA Kalijaga (Semarang Tawang-Purwosari). tetapi ada yang sebagian yang tidak memakai stiker. nah bagi anda yang menaiki KA ini dengan KMP3 KA Kalijaga, anda mungkin benar-benar beruntung (karena agak langka sedikit hehehe.....:D). loko penarik KA ini adalah CC 201,CC 203 dan CC 204 (sekarang mulai sering ditarik loko CC 204) dengan alasan salah satunya adalah Solo dekat dengan Balai Yasa Pengok Yogyakarta sehingga ketika kereta ini selesai berdinas, kemungkinan kedua jenis loko ini dibawa ke BY Pengok Yogyakarta.
  6.  KERETA API PROGO (YOGYAKARTA-JAKARTA VIA SELATAN)
    Kereta api Progo merupakan kereta kelas ekonomi PSO yang melayani perjalanannya dari stasiun Lempuyangan - Pasar senen. ketika kereta ini berdinas menuju Lempuyangan (dari pasar senen), kereta ini merupakan kereta reguler kelas ekonomi PSO yang berangkat paling akhir yaitu pukul 10 malam. dahulu kereta ini bernama Empu Jaya yang singkatan dari lempuyangan-jakarta raya. namun kereta tersebut memiliki catatan hitam sebagai kereta yang paling sering mengalami kecelakaan. kemungkinan besar disebabkan oleh penamaan yang justru terkesan mistis. akibat tersebut, kereta ini sepi peminat karena kereta ini merupakan kereta keramat pada waktu itu .sehingga penumpang tidak berani menaiki kereta ini. namun setelah penggantian nama Progo, terjadi kemajuan yang cukup baik. etimologi/asal muasal nama Progo berasal dari sungai besar yang bernama sungai Progo yang terletak di barat kota Yogya. dahulu kereta ini sempat menjadi kereta tersibuk di pulau jawa karena ketika kereta ini sedang menganggur, kereta ini dimanfaatkan sebagai kereta tambahan. ada 2 kereta yang memanfaatkan kereta ini, yaitu Tegal Ekspres dan Ajisaka. sehingga apabila ditotal, dalam sehari kereta ini menempuh hampir 750 km dalam sehari. namun karena rendahnya okupansi, akhirnya kereta ajisaka ditutup.
  7.  KERETA API KUTOJAYA UTARA (KUTOARJO-JAKARTA VIA SELATAN)
    Kereta Api Kutojaya Utara (atau disebut Kutut hehehe.......) adalah kereta api kelas ekonomi PSO yang melayani perjalanannya dari Stasiun Kutoarjo - Pasar Senen. kereta ini merupakan hasil pengembangan dari kereta Sawunggalih Utama yang sekarang menjadi kereta campuran (eksekutif dan bisnis). kereta ini biasanya menggunakan seragam ekonomi daun.
  8.  KERETA API TAWANG JAYA (SEMARANG-JAKARTA VIA UTARA)
  9.  KERETA API SERAYU (PURWOKERTO-JAKARTA VIA SELATAN)
  10.  KERETA API TEGAL ARUM (TEGAL-JAKARTA VIA UTARA)
  11.  KERETA API TEGAL EKSPRES (TEGAL JAKARTA VIA UTARA)
Kereta Api non dari/ke Jakarta
kereta ini tidak kalah dengan kereta yang rutenya dari/ke Jakarta. biasanya kereta ini berangkat pada pagi hari (sebaliknya dari kereta dari/ke Jakarta). namun bukan berarti tujuan kereta tersebut merupakan tempat biasa. seperti kota Bandung yang terkenal keeksotikannya, kota Surabaya yang terkenal dengan kemajuannya yang melebihi kota jakarta, kota Malang yang terkenal dengan apel dan pegunungannya, dan kota Banyuwangi yang menjadi pintu gerbang utama menuju pulau dewata, pulau Bali. nah kereta apa saja yang dimaksud ? berikut :
  1.  KERETA API PASUNDAN (BANDUNG-SURABAYA)
  2.  KERETA API KAHURIPAN (BANDUNG-KEDIRI)
  3.  KERETA API LOGAWA (PURWOKERTO-JEMBER)
  4.  KERETA API SRI TANJUNG (YOGYAKARTA-BANYUWANGI)
  5.  KERETA API TAWANG ALUN (MALANG-BANYUWANGI)
  6.  KERETA API PROBOWANGI (SURABAYA-BANYUWANGI)
  7.  KERETA API PANDANWANGI (JEMBER-BANYUWANGI)
Kereta Api jarak dekat non komuter/KRD
  1.  KERETA API MAHARANI
  2.  KERETA API KAMANDAKA
  3.  KERETA API KALIJAGA
  4.  KERETA API PEKALONGAN EKSPRES
  5.  KERETA API KRD CICALENGKA-PADALARANG
nah apabila anda tertarik dengan kereta yang saya tampilkan, silahkan pesan tiketnya secara online (kecuali jarak dekat non komuter/KRD) atau pesan secara langsung di loket stasiun. saran saya, untuk pesan tiket non-KRD harus pesan seminggu sebelum pemberangkatan (H-7) dengan alasan yang cukup jelas yaitu kereta kelas ini cepat habis. dan bagi yang sudah biasa naik kereta ekonomi akan merasakan sensasinya.
Fasilitas KA kelas Ekonomi Saat ini
bagi yang belum tahu fasilitas kereta kelas ini, berikut dari macam-macam fasilitas dari kereta ini :
  1. sewa bantal dan selimut
    fasilitas ini layaknya fasilitas KA kelas Eksekutif. yang membedakan hanya kita perlu membayar harga sewanya. untuk bantal sekitar 5000 dan selimut sebesar 7000.
  2. Audio
    fasilitas ini sama dengan fasilitas KA Eksekutif. sangat unik karena digunakan hanya beberapa saat yaitu saat kereta tersebut tiba di pemberhentian stasiun layaknya di KRL hehehe..... 
  3. AC dan Charger
    fasilitas ini sepertinya merupakan fasilitas primer/fasilitas yang paling pertama dibutuhkan bagi penumpang. karena kereta ekonomi memang identik dengan panas dan tidak memiliki colokan listrik.
  4. Tempat Sampah plus dengan plastik
    fasilitas ini merupakan fasilitas yang cukup penting karena kita sering membuang sampah secara sembarangan. nah karena adanya gantungan plastik pula, kita terkadang juga menaruh bekal atau lain-lain
Tips dan Trik
berikut tips dari saya bagi yang masih pemula tentang kereta ini :

1. Seat/kursi
pemilihan seat/kursi bukanlah hal yang disepelekan lagi (untuk kereta ekonomi ber-PSO saja). karena selain harganya yang sebanding (tidak dengan Ekonomi non-PSO, Bisnis, dan Eksekutif), kita juga harus memiliki kenyamanan saat perjalanan berikut kursi yang wajib dipilih atau tidak wajib dipilih :



  • kursi yang wajib dipilih adalah kursi deretan A,C,D,E, B1, B2, dan B3. untuk deretan A dan E adalah agar kita dapat melihat pemandangan secara leluasa (tidak wajib untuk kereta malam). sedangkan C dan D agar kita dapat ke Bordes dan WC secara Leluasa. 
  • kursi yang tidak wajib dipilih adalah kursi deretan B selain B1, B2, dan B3. karena kita harus berdempetan dengan orang lain (kecuali kalau kita bersama keluarga dan teman)

  • 2. Nomer Kereta
    maksud tersebut adalah kita memilih kereta berapa yang anda pilih. karena semakin depan nomer tersebut, maka anda harus menghadapi bisingnya suara lokomotif. tetapi tenang saja karena suara tersebut dapat diredam karena pintu. kalo enggak percaya, coba saja sendiri :D

    3. Makanan dan Minuman
    bagi anda yang ingin naik kereta kelas ini, bawa makanan dan minuman sendiri dari rumah atau beli di minimarket/supermarket. karena pedagang asongan sudah tidak boleh masuk (kecuali di beberapa tempat) dan harga makanan di kereta restorasi cukup mahal. nah bagi yang ingin bawa "Pop Mie", tenang saja karena disana (kereta restorasi) sudah menyediakan air panas (bagi yang beruntung hehehe) / bawa air panas dari rumah
    nah untuk website pemesanan tiket, kita bisa pesan di tiket.kereta-api.com atau tiket.com . sistem pemesanan tiket online adalah beli dahulu ,bayar langsung , dan cetak kemudian. untuk mencetak tiketnya, sekarang tiap stasiun sudah memiliki mesin cetak khusus tiket online yang bernama "Cetak Mandiri" (kalo tidak salah). cara kerjanya adalah cukup mengetik kode pemesanan setelah itu dicetak. 

    No comments:

    Post a Comment

    Minta feedbacknya dong, biar blog ini bisa berkembang dan semakin membaik ;D